Minggu, 12 Juli 2009

15 Pengertian Komunikasi dari para ahli...

Ada tiga kerangka pemahaman mengenai komunikasi, yaitu komunikasi sebagai tindakan satu arah, komunikasi sebagai interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi.

Pemahaman komunikasi sebagai proses searah pada intinya memfokuskan pada proses penyampaian pesan yang efektif dan mengisyaratkan bahwa semua kegiatan komunikasi bersifat instrumental dan persuasive. Dari konseptualisasi komunikasi sebagai tindakan satu arah tersebut, ada beberapa definisi yang muncul yang sesuai dengan konsep terebut, yaitu :


Menurut Bernard Barelson dan Gary A. Steiner, Komunikasi adalah transmisi informasi ngagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan symbol-simbol , kata-kata, gambar, figura, grafik, dan sebagainya. Tindakan transmisi itulah yang disebut komunikasi.

Menurut Theodore M. Newcoloumb, Komunikasi adalah suatu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Menurut Carl I. Hovland, Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambing-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikate).

Menurut Gerald R. Miller, Komunikasi adalah proses yang terjadi ketika suatu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

Menurut Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah tingkah laku mereka.

Menurut Raimond S. Ross, Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan symbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respon dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

Menurut Marry B. Cassata dan Molefi K. Asante, Komunikasi adalah transmisi informasi dengan tujuan mempengaruhi khalayak.

Menurut Harold Lasswell, Komunikasi adalah “Who Says What In Channel To Whom With What Effect” dimana seorang komunikator mengatakan sesuatu yang ingin disampaikan melalui cara apa kepada komunikan dan bagaimana pengaruh yang ditimbulkan.

Yang kedua adalah konseptualisasi komunikasi sebagai interaksi. Pemahaman dari konsep ini pada intinya mengatakan bahwa proses komunikasi yang terjadi disini merupakan komunikasi yang menimbulkan umpan balik (feed back), dimana dalam proses komunikasi ini terjadi proses saling mempengaruhi antara komunikator dengan komunikan.dalam hal ini komunikasi merupakan proses sebab-akibat atau aksi-reaksi.

Yang ketiga adalah konseptualisasi komunikasi komunikasi sebagai transaksi. Pemahaman dari konsep ini pada intinya komunikasi dalam hal ini bersifat dinamis yang secara sinambung mengubah pihak-pihak yang berkomunikasi. Dari pemahaman konseptualisasi komunikasi sebagai transaksi timbul definisi tentang komunikasi yang sesuai dengan konsep tersebut. Yaitu :

Menurut John R. Wenburg dan William W. Wilmot, Komunikasi adalah usaha untuk memperoleh makna.

Menurut Donald Byker dan Loren J. Anderson, Komunikasi adalah berbagai informasi antara dua orang atau lebih.

Menurut William I. Gorden, Komunikasi adalah transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

Menurut Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson, Komunikasi adalah proses pembentukan makna diantara dua orang atau lebih.

Menurut Stewart L. Tubs dan Sylvia Moss, Komunikasi adalah proses pembentukan makna diantara dua orang atau lebih.

Menurut Diana K. Iva dan Phil Backlund, Komunikasi adalah proses yang terus berlangsung dan dinamis menerima dan mengirim pesan dengan dengan tujuan berbagai makna.

Menurut Karl Erik Rosengren, Komunikasi adalah interaksi subyektif purposif melalui bahasa manusia yang berartikulasi ganda berdasarkan symbol-simbol.


Menurut Pratiwa Dyatmika, Komunikasi adalah upaya mengungkapkan sesuatau yang ada di dalam diri kita kepada sesuatu yang ada di luar kita, apapun caranya, dan Komunikasi adalah satu-satunya hal yang tidak mungkin tidak dilakukan satupun manusia di dunia ini.

*dalam buku ilmu komunikasi suatu pengantar karangan Prof. Deddy Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar